Mau Konsumsi Pepaya? Sebaiknya perhatikan 10 hal berikut ini

Bahaya kesehatan akibat kebanyakan makan pepaya, sudah tahu? berikut 10 hal yang harus Anda perhatikan saat mengonsumsi pepaya

Info Buah Pepaya - Pepaya termasuk dalam jajaran buah sehat kaya nutrisi. Sebuah pepaya ukuran sedang mengandung sekitar 120 kalori, vitamin C yang tinggi, serta serat yang mampu memenuhi kebutuhan harian sebanyak 20 persen. Oleh karena itu tak mengherankan jika pepaya disebut sebagai buah yang begitu sehat.

Konsumsi Pepaya

Banyak orang yang sangat suka pepaya. Ada yang memakankannya langsung, atau pun menambahkannya ke salad, jus pepaya atau pun menjadikannya rujak pepaya. Pepaya juga memiliki manfaat medis dan mengandung zat antibakteri dan antijamur. Selain buahnya, daun pepaya juga biasa digunakan untuk melawan demam berdarah.

Karena sehat inilah, apakah kamu diperbolehkan untuk banyak mengonsumsi pepaya? Meski begitu, ada sisi yang tak terlalu baik dari buah ini, makan banyak pepaya juga bisa membahayakan kesehatan seperti wanita hamil, misalnya, dilarang mengonsumsi pepaya. Seperti yang dilansir dari laman Times of India, berikut efek buruk pepaya yang harus Anda ketahui.

1. Gangguan pernapasan

Pepaya mengandung enzim yang disebut dengan papain. Enzim ini bermanfaat untuk menangani gangguan pencernaan dan melawan peradangan di tenggorokan. Bagi mereka yang mudah alergi, enzim papain bisa menyebabkan demam, asma, sesak napas, hingga hidung tersumbat.

2. Gangguan pencernaan

Meski pepaya tinggi serat dan bisa mencegah sembelit, namun terlalu banyak makan pepaya juga bisa menyebabkan sakit perut akibat kandungan enzim papain di dalamnya.

3. Risiko kegug*ran

Sebagai buah, pepaya memang punya manfaat yang baik untuk kesehatan. Tapi, biji dan akarnya bisa menyebabkan kegug*ran. Lebih lanjut, pepaya mentah dapat menyebabkan kontraksi uterus. Meskipun konsentrasinya tak setinggi buah pepaya mentah, tapi lebih baik menghindari buah ini saat proses kehamilan.

4. Menghambat pipa makanan

Kalau Anda yakin bahwa pepaya adalah buah yang terbaik untuk Anda, maka Anda harus tahu bahwa itu tidak berarti Anda harus banyak-banyak memakannya. Terlalu banyak makan pepaya bisa melukai esofangus Anda. Sebaiknya, jangan mengonsumsi lebih dari satu cangkir pepaya dalam satu hari.

5. Pembentukan batu ginjal

makan pepaya

Pepaya kaya akan kandungan vitamin C. Zat ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari beragam gangguan penyakit, mencegah kanker, dan menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi pepaya secara berlebihan bisa berarti Anda juga akan berlebihan dalam mengonsumsi vitamin C yang mengakibatkan keracunan serta pembentukan asam oksalat yang dapat berujung dengan pembentukan batu ginjal.

6. Cacat lahir

Daun pepaya memiliki komponen terkenal, yaitu Papain. Senyawa ini bisa beracun bagi bayi dan bahkan menyebabkan cacat lahir. Tidak banyak yang diketahui mengenai keselamatannya saat menyusui, jadi lebih baik menghindari makan buah ini sebelum dan beberapa saat setelah melahirkan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mempertimbangkan konsumsi pepaya.

7. Reaksi alergi

Kandungan lateks yang terdapat dalam buah pepaya dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Ini, sekali lagi, adalah risiko yang terdapat pada buah pepaya mentah.

8. Menurunkan kadar gula darah

Pepaya juga dapat menurunkan kadar gula darah. Kalau Anda sedang mengonsumsi obat untuk mengontrol gula darah, ini bisa berbahaya.

9. Mempengaruhi kesuburan

Ekstrak biji pepaya bisa menurunkan kesuburan pria. Ekstrak biji pepaya disebut bisa menurunkan jumlah sperma dan bahkan mempengaruhi mobilitas sperma.

10. Keracunan

Pepaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tapi buah pepaya bisa menjadi racun jika dimakan secara berlebihan. Ini karena pepaya mengandung senyawa benzyl isothiocyanate.

Walaupun pepaya termasuk buah yang baik untuk kesehatan, bukan berarti Anda diperbolehkan terlalu banyak mengonsumsi pepaya. Konsumsilah dalam porsi yang sewajarnya supaya Anda terhindar dari bahaya yang telah Anda baca di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel