Mengenal Manfaat Tersembunyi dari Batang Pepaya

Manfaat Pepaya, Tanaman pepaya cukup mudah kita jumpai di Indonesia. Buah yang satu ini memang tumbuh subur di wilayah beriklim tropis. Karena itu sangat wajar bila keberadannya melimpah. Pepaya dikelompokkan sebagai tanaman multi manfaat karena hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan mulai dari daun, getah, buah, batang hingga akarnya.

Lantas bagaimanakah dengan bagian batang pohon pepaya? Apa Anda sudah mengetahui kegunaan batang ini tapi sayang karena kurangnya informasi mengenai manfaat yang terdapat didalamnya, sehinggah batang pepaya seringkali berakhir sebagai limbah. Padahal ia sangatlah baik dimanfaatkan sebagai pupuk organik dan bahkan juga bahan pembuatan makanan.

Manfaat Batang Pepaya

Manfaat Batang Pepaya

Saat pohon pepaya telah tua, umumnya bakal ditebang dan ditumpuk sampai membusuk. Tumpukan batang pepaya ini umumnya hanya dianggurkan. Padahal, fungsi batang pepaya yang sudah membusuk itu cukup baik untuk kesuburan tanah. Batang pepaya dapat dijadikan pupuk organik yang murah dan berkwalitas. Kandungan senyawa yang ada pada batang pepaya dari pembusukannya sangat baik dalam menyuburkan tanah.

Berdasar pada hasil riset, batang pepaya mengandung beberapa senyawa penting diantaranya papain, protein, papayachin, glikosida kaporsit, papayotin, tanin, enzim proteolitik, alkaloida dan vitamin. Selain bisa menyuburkan tanah bila difungsikan sebagai pupuk organik, batang pepaya ini juga ternyata dapat menyehatkan tubuh bagi orang yang suka mengonsumsinya, caranya dengan mengolah jadi dodol

Satu diantara fungsi lain batang pepaya yang mungkin saja belum Anda ketahui yaitu juga sebagai bahan baku pembuatan dodol. Inovasi ini diketemukan oleh mahasiwa peneliti. Kabarnya, rasa dodol batang pepaya ini sangatlah nikmat, selain itu, cara membuatnya pun cukup gampang. Apakah anda tertarik? siapkan alat serta bahan sebagai berikut :
Wajan, kompor, mesin penggiling, sutil tua, panci, pisau, dan kain yang akan digunakan memeras sari batang pepaya.
Bahan yang dipersiapkan yaitu : batang pepaya yang sudah matang, kelapa tua, gula merah dan vanili secukupnya.
Cara membuat dodol batang pepaya
  1. Potonglah buah pepaya tepat dibagian tengahnya.
  2. Kemudian, bersihkan kulitnya dan bersihkan berulang-kali sampai bersih.
  3. Setelah itu, rebus batang pepaya supaya rasa pahitnya hilang.
  4. Langkah selanjutnya yaitu menghaluskan buah kelapa untuk di ambil santannya.
  5. Gunakan kain untuk memeras supaya sari santan betul-betul keluar.
  6. Setelah itu, batang pepaya yang tadi di rebus dihaluskan.
  7. Peras batang pepaya yang tadi di haluskan hingga diperoleh airnya.
  8. Selanjutnya masukkan air perasan batang pepaya dan masak sampai mendidih.
  9. Tambahkan santan vanili dan gula merah dan aduk perlahan sampai kental.
  10. Bila telah membentuk adonan lengket, angkat wajan dan dinginkan.
  11. Selanjutnya dodol dapat dikemas dan di nikmati.
Nah pembaca blog info pepaya itulah manfaat batang pepaya yang dapat menjadi inspirasi untuk anda yang akan memulai usaha kuliner unik. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel