Varietas Pepaya Paling Populer dan Unggul di Indonesia

Info Buah Pepaya - Tanaman pepaya banyak macamnya, sedangkan untuk pengembangan agrobisnis cuma jenis tertentu yang dapat untuk pengembangan, oleh karena itu diperlukan memilih tanaman pepaya jenis tertentu dan tentunya dapat di jual dengan pendapatan paling baik. Tipe pepaya yang sudah ada di negara indonesia seperti Calina/california, jingga, thailand/bangkok, orange lady, red lady, hawai dan masih ada jenis lainnya. Berikut beberapa jenis pepaya yang popular dan kerap kita jumpai dipasaran.

Varietas Pepaya Paling Populer

Jenis jenis Pepaya

1. Pepaya Bangkok
Pepaya bangkok bukan hanya tanaman asli indonesia. jenis pepaya bangkok ini didatangkan dari thailand sekitar tahun 70-an. pepaya bangkok diunggulkan karena ukurannya sangat besar dibanding jenis pepaya lainya, beratnya pun bisa mencapai 3, 5 kg/buah.

Kelebihan lain dari pepaya bangkok yaitu rasa dan ketahanan buah. Daging buahnya berwarna jingga kemerah-merahanan, rasanya buahnya yang manis dan segar. Tekstur daging buahnya yang kuat keras membuat jenis pepaya ini tahan dalam pengangkutan. Jenis pepaya ini benar-benar popular di pasaran.

2. Pepaya Hawai
Pepaya yang berasal dari Hawai ini masuk dalam kategori pepaya solo. Pepaya solo artinya pepaya yang habis dikonsumsi hanya untuk satu orang. Oleh karena itu, dapat di pastikan kelebihan pepaya ini adalah ukurannya yang kecil. Bobot buahnya lebih kurang 0, 5 kg. Mempunyai bentuk agak bulat atau bulat panjang. Kulit buah yang telah masak berwarna cerah agak kuningan. daging buahnya yang tebal dan rasanya yang manis segar.

3. Pepaya California
Pepaya california juga termasuk komoditi laris di pasaran, pepaya ini yang memiliki bentuk buah lonjong dan kecil, pepaya california berasal dari Amerika dan Karibia. Jenis ini dapat tumbuh subur sepanjang tahun.

4. Pepaya Cibinong
Pepaya Cibinong memiliki ciri tersendiri, yaitu buah yang matang terlihat pada warna kulit buahnya. Warna kulit buah bagian ujung biasanya kuning, tetapi bagian yang lain terus hijau. Bentuknya panjang dengan ukuran besar. Berat buahnya rata-rata 2-3 kg.

Pangkal buah kecil lalu membesar di bagian tengah dan melancip di bagian ujungnya, daging buah berwarna merah kekuningan, permukaan kulit buah agak halus tetapi tak rata. keunggulan yang lain yaitu terasa manis dan segar, teksturnya keras.

Pohon pepaya california lebih pendek dibanding jenis pepaya lain, umumnya hanya tumbuh sekitar 2 meter. Daun yang berjari banyak, berkuncung pada permukaan pangkalnya. Buahnya berkulit tebal dan rata, dagingnya kenyal dan rasanya manis. Berat buahnya berkisar antara 700 gr sampai 2, 5 kg.

5. Pepaya Gunung
Pepaya Gunung di kenal dari daerah Jawa Tengah yakni Wonosobo. Jenis pepaya ini kemudian popular di masyarakat dengan sebutan carica. Sesungguhnya jenis ini awalnya didatangkan dari dataran tinggi Amerika Selatan, Andes.

Tanaman pepaya gunung pohonnya kecil dengan tinggi rata-rata satu sampai dua meter. Perbedaan mendasar dengan jenis pepaya lainnya yakni pohon pepaya gunung mempunyai cabang bertingkat. Buah pepaya gunung bentuknya bulat telur dengan ukuran panjang 6-12 cm dan diameter 3-5 cm.

Buah masak berbentuk lonjong dengan ukuran 6-17 cm dan diameter 3-9 cm, dagingnya keras, berwarna kuning-jingga, terasa agak asam namun harum, di sekitar rongga terdapat biji yang terbungkus dengan sarkotesta yang putih dan berair.

Buah yang masih muda memiliki kulit yang berwarna hijau gelap dan dapat berganti jadi kuning setelah matang. Walaupun kalah populer di pasaran dengan jenis lain seperti Bangkok dan California, pepaya jenis ini mempunyai eksklusifitas sendiri. Penjualannya umumnya telah di kemas serta buahnya telah diolah menjadi manisan pepaya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel