Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya Lengkap

Pepaya (Carica papaya L) merupakan salah satu tanaman habitat asli hutan tropis, uniknya tanaman pepaya ini dapat tumbuh subur dengan baik di daerah tropis maupun sub_tropis, di daerah basah hingga kering, maupun dataran rendah ataupun pegunungan. Untuk lokasi indonesia sendiri, tanaman ini menyebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Kebanyakan jenis pepaya yang banyak tumbuh di indonesia yakni pepaya burung dan pepaya semangka.

Tanaman pepaya berasal dari meksiko bagian utara dan selatan, amerika selatan. Tanaman yang di kenal menghasilkan buah tanpa mengenal musim ini adalah satu-satunya jenis dalam genus family Caricaceae. Tanaman ini mempunyai 4 genus yaitu, carica, jarila,cylicomorpha, jacaranta. Daerah-daerah di Indonesia, pepaya memiliki nama sendiri, seperti gedang (sunda) dan kates, betik, Kaliki (Bugis), Tangan-tangan (Makassar) serta telo gantung (jawa). Tanaman yang banyak dibudidayakan adalah carica, dikarenakan dapat tumbuh dan berkembang cepat di banding dengan genus yang lain.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya

Klasifikasi dan Morfologi Pepaya

Klasifikasi tanaman pepaya, Kingdom : Plantae (Tumbuhan), Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembulu), Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji), Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga), Kelas : Magnoliosida (berkeping dua/dikotil), Sub Kelas : Dilleniidae, Famili : caricaceae, Genus : Carica, Spesies : Carica papaya L
Klasifikasi dan Morfologi Akar Pepaya
Akar tanaman pepaya berbentuk akar tunggang (Radik primaria), Akar berbentuk serabut dikarenakan akar tembaga tumbuh terus jadi akar pokoknya bercabang jadi akar yang agak kecil dan bentuknnya yang bulat dan berwarna putih kekuningan.

Klasifikasi dan Morfologi Batang Pepaya
Batang tanaman pepaya berbentuk bulat, dengan permukaan batang berkas-berkas daun yang mirip spiral. Batang pada pepaya tumbuh tegak dan lurus serta memiliki rongga yang di akibatkan oleh pemutusan pada tangkai batang daun. Pohon berbatang tegak dan basah, tinggi pohon dapat mencapai 8 sampai10 meter.

Klasifikasi dan Morfologi Daun Pepaya
Daun pada tanaman pepaya merupakan daun tunggal, memiliki ukuran besar. Daun pada tanaman ini yaitu daun berjari, bergigi dan memiliki tangkai daun yang panjang dan berwarna putih kekuningan. Daun ini juga di katakan berbentuk bulat, ujung runcing, bundar,dan mempunyai rongga pada daun. Daun berbentuk helai yang mirip telapak tangan. Apabila daun pepaya di lipat jadi dua bagian persis ditengah, bakal terlihat bahwa daun pepaya simetris.

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Pepaya
Bunga pepaya berwarna putih kekuningan, serta mempunyai tangkai kecil, bagian atas runcing dan mempunyai bagian tengah berkelopak. Bunga berwarna putih, terdapat putik dan benang sari. Berdasarkan kandungan benang sari dan putiknya, pohon pepaya dapat dibedakan jadi 3 jenis yaitu berupa bunga jantan, bunga betina dan bunga sempurna.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya

#Pepaya Jantan
Bunga majemuk bertangkai panjang dan bercabang-cabang. Bunga pertama terdapat pada pangkal tangkai. Bunga jantan punyai ciri yaitu putik/bakal buah rundimeter yang tak berkepala serta benang sari tersusun sempurna.

#Pepaya Betina
Bunga majemuk dengan tangkai bunga sangat pendek serta terdapat bunga betina kecil dan besar. Bunga yang besar dapat menjadi buah. Pepaya betina mempunyai bakal buah sempurna, namun tak terdapat benang sari. Pepaya jenis ini biasanya terus berbunga sepanjang tahun.

#Pepaya Sempurna
Jenis pepaya ini yakni mempunyai bunga yang tersusun sempurna, bakal buah dan benang dari mampu melakukan penyerbukan sendiri. Pepaya jenis ini dapat dibagi lagi jadi 3 jenis yakni : Mempunyai benang sari dan bakal buah bulat, benang sari 10 dan bakal buah yang lonjong. Berdasar pada buah yang dihasilkan, pepaya sempurna juga bisa dibagi jadi dua kelompok yaitu pepaya sempurna yang dapat berbunga dan berbuah sepanjang tahun.

Klasifikasi dan Morfologi Buah Pepaya
Buah pada tanaman pepaya yaitu buah tunggal atau sejati, buah pada tanaman ini bersisi biji yang banyak. Buah terdapat pada ketiak tangkai, daun berwarna hijau muda, kekuningan dan kuning saat matang. Buah ini mempunyai daging kemerahan serta dagingnya sangat tebal. Buah mentah berwarna hijau gelap apabila matang beralih warna menjadi kuning kemerahan. Bentuk buah bulat sampai lonjong, dengan bagian ujung biasanya runcing. Rongga pada dalam buah pepaya berupa bintang apabila dipotong secara melintang.

Klasifikasi dan Morfologi Biji Pepaya
Biji tanaman pepaya ada didalam buah dan biji pada buah pepaya sangat banyak serta punyai bentuk bulat atau bundar dan lonjong bergantung variatesnya. Biji tanaman pepaya mempunyai warna kecoklatan dan kehitaman, selain itu biji ini dapat langsung ditanam ke media pembibitan (media tanam).

Kegunaan tanaman pepaya, bagian-bagian dari tanaman pepaya seperti akar, daun, buah, dan daun banyak digunakan oleh masyarakat baik sebagai sumber makanan, maupun sebagai bahan racikan obat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel