6 Cara Tepat Memilih dan Menyimpan Buah Pepaya Matang

Info Buah Pepaya - Bagi kamu yang senang makan buah pepaya, Kamu mungkin kerap kali terkecoh dengan warna yang matang nampak dari luar, namun setelah dibuka daging buahnya ternyata belum matang. Berikut ini tips untuk kamu dalam memilih dan menyimpan buah pepaya.

Pepaya adalah buah yang palong banyak dicari selain harganya yang tergolong murah dan terjangkau, pepaya berkhasiat menyehatkan pencernaan. Seperti yang Admin kutip dari laman bisnis.com, ada enam tips menjaga pepaya Anda tetap dalam keadaan sehat.


Tips Memilih dan Menyimpan Buah Pepaya


1. Tekstur

Sebelum membeli, Anda perlu mengecek kepadatan pepaya. Pastikan pepaya yang mau Anda beli sedikit empuk saat ditekan. Apabila pepaya masih terasa keras, artinya daging pepaya tersebut belum matang sekalipun sudah berwarna oranye. Apabila terlalu lunak saat ditekan atau berkerut, artinya tekstur daging buah itu kurang bagus bahkan bisa jadi hampir busuk.

Anda juga harus memilih kulit pepaya yang mulus tanpa memar. Jika terdapat bintik gelap pada kulit buah, hal itu masih tergolong normal dan tidak mempengaruhi kualitas pepaya.

2. Warna

Perhatikan warna buah pepaya haruslah matang yakni kuning sampai jingga kemerahan. Anda sebaiknya menghindari pepaya yang masih hijau karena rasanya tidak manis. Namun, pepaya hijau ini cocok bagi Anda yang mau memasak hidangan sayur pepaya muda.

Selain itu, pepaya yang memiliki bintik hijau juga bisa dipilih karena pepaya tersebut akan matang dengan cepat. Anda perlu memeriksa juga ujung pepaya tempat menempelnya batang, memastikan tidak ada jamur di sana.

3. Aroma

Salah satu jaminan kematangan pepaya adalah dari baunya. Anda perlu mencium dasar pepaya atau batangnya yang telah dipotong. Pepaya yang bagus memiliki aroma khas yang manis dan lembut. Anda juga sebaiknya menghindari pepaya yang beraroma terlalu kuat karena pepaya itu mungkin sudah lama.

4. Simpan Pepaya Matang di Lemari Es

Jika pepaya sudah matang sebaiknya dikonsumsi hanya dalam 1-2 hari saja. Pepaya juga sebaiknya disimpan dalam lemari es. Hal tersebut membuat pepaya dapat bertahan 3-4 hari.

5. Simpan Pepaya yang Belum Matang di Suhu Ruang

Sebaliknya, jika Anda membeli pepaya yang belum terlalu matang Anda perlu menyimpannya di tempat yang gelap dengan suhu kamar. Hal tersebut akan membuat pepaya cepat matang dalam 1-3 hari.

6. Bekukan Pepaya

Jika daging pepaya Anda cukup banyak maka Anda perlu memotongnya dan menyimpannya dalam loyang. Anda perlu membekukan pepaya selama satu jam. Kemudian, pindahkan pepaya beku ke dalam wadah bersegel dan kembali bekukan pepaya di freezer. Pepaya yang disimpan di freezer bisa bertahan berbulan-bulan.

Jadi, melalui 6 tips di atas Anda tidak perlu bingung saat menyimpan dan memilih pepaya. Tentu selain lebih lezat, pepaya yang segar kadar gizinya tetap terjaga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel