Petunjuk Teknis Cara Menanam Budidaya Pepaya

Info Pepaya - Pepaya merupakan tanaman buah dari famili Caricaceae. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat, dan lokasi sekitar Meksiko dan Costa Rica. Pepaya bukanlah tanaman yang rewel dikarenakan pepaya mudah dibudidayakan serta mampu hidup di berbagai tempat, baik di daerah tropis ataupun sub tropis. Selain itu buah ini juga dapat hidup di daerah basah ataupun kering atau di daerah dataran rendah maupun daerah pegunungan, sehingga membuat tanaman pepaya tumbuh di hampir seluruh belahan dunia.

Buah Pepaya dengan rasa buahnya yang manis, biasa dikonsumsi sebagai hidangan penutup sehabis makan. Yang lebih menarik lagi saat Anda sering konsumsi buah ini, Buah ini sangatlah baik untuk kesahatan, hal semacam ini dikarenakan buah pepaya kaya vitamin A serta B serta jenis vitamin ini sangat diperlukan oleh tubuh.

Buah yang kaya vitamin A, B ini, tidak hanya dapat disajikan/dimakan secara langsung, buah pepaya dapat juga diolah jadi beraneka macam makanan, seperti manisan buah pepaya, dodol pepaya, kombinasi rujak, es buah, penambahan pembuatan saus tomat dan lain-lain. Ada bisa mengolah buah pepaya untuk tingkatkan nilai jual secara ekonomis.

Manfaat lain yang dapat Anda peroleh dari pepaya yakni tanaman ialah salah satu tanaman obat tradisional. Pepaya dipecaya mempunyai banyak khasiatnya, dari mulai akar untuk pengobatan penyakit ginjal, daun untuk penyakit malaria, pada batang di ambil getahnya untuk melunakan makanan, serta bungaya dapat di proses jadi makanan berbentuk urapan, maupun tumis bunga pepaya.

Cara Menanam Budidaya Pepaya

Cara Menanam Budidaya Pepaya

Perlu Anda ketahui budidaya pepaya sesungguhnya cukup gampang dan simpel serta tak memerlukan modal yang besar, serta tehnik bubidaya yang rumit, tetapi cukup mudah. Dapat juga mesti mengetahui tahapan-tahapan penting dalam budidaya pepaya. Berikut petunjuk dasar sebagai kunci berhasil untuk Anda yang mau coba menjalankan usaha budidaya pepaya jangan sampai anda terlewat bila ingin melakoni usaha budidaya pepaya dengan baik.

Tahapan Budidaya Pepaya

1. Menetukan Lokasi Budidaya Pepaya
Hal yang harus dikerjakan pertama kalinya yakni Anda harus memastikan di mana usaha budidaya pepaya bakal digerakkan. Karena pepaya mengehedaki daerah dengan iklim tropis serta subtropis, jadi hampir diseluruh daerah di Indonesia dapat dipakai untuk menanam pepaya.

Kreteria lahan Budidaya pepaya :
  • Pilih lahan terbuka, yang mempunyai penyinaran matahari secara penuh dari pagi sampai sore, tetapi angin tak terlampau kencang, karena dapat menghabat penyerbukan bunga.
  • Lokasi penanaman paling cocok yaitu di dataran rendah dengan ketinggian maksimal antara 700-1000 dpl
  • Curah hujan yang dibutuhkan pada 1000-2000 mm/tahun.
  • Suhu optimum 24-26 C dengan kelembapan udara cukup sedang.
2. Penentuan Media Tanam
Media tanam yang terbaik untuk budidaya pepaya yakni pada lahan dengan kodisi tanah yang subur dengan tingkat keasaman tengah yaitu pada kondisi pH tanah netral (ph 6-7). Untuk tipe tanah yang bisa kita pakai yaitu tanah tipe latosol serta andosol merupakan salah satu jenis tanah berpasir serta berlempung.

Penentuan media tanam dalam bercocok tanam pepaya mesti memerhatikan kandungan kadar air tanah, pepaya tak menginginkan keadaan tanah yang terlampau banyak air. Hal itu bisa mengakibatkan tanaman gampang diserang jamur, tanah yang ideal juga tak terlampau kering, yang baik yaitu tanah dengan kelembapan sedang.

3. Persiapan Lahan Budidaya
Ada banyak hal yang perlu dikerjakan untuk menyiapan lahan budidaya pepaya, bagian ini dikatakan sebagai bagian pemrosesan tanah. Langkah pertama yang perlu dikerjakan yakni bersihkan tempat semak belukar dan rumput dengan memakai cangkul serta peralatan pertanian lainya.

Tahapan selanjutnya membolak-balikan tanah dengan cangkul agar tanah jadi gembur, lalu di buat membuat bedengan-bedengan. Ukuran bedengan L 2 mtr. x T 30 cm x P 10 atau panjang sesuai lahan, jarak antar bedengan dapat di buat 60 cm.

Buat lubang tanam pada bedengan yang telah anda bentuk, ukuran tanam 50x40x50 cm. Setelah itu diamkan lubang pada 3-4 hari supaya lubang tanam mendapatkan penyinaran matahari. Tambahkan pupuk kandang pada lubang dan sedikit kapur supaya PH tanah terus terbangun, setelah 2-3 hari bibit dapat ditanam.

4. Langkah Pembibitan Pepaya
Pembibitan pepaya bisa Anda dapatkan lewat tahap penyemaian bibit, atau cara mudahnya Anda bisa beli bibit yang siap tanam di beberapa toko pertanian paling dekat. Anjuran kami sebaiknya Anda menyemai bibit sendiri lantaran dengan cara bakal memudahkan Anda untuk memastikan jenis pepaya apa yang bakal dibudidayakan.

Tahapan penyemaian bibit dalam budidaya pepaya :
  • Siapkan biji pepaya yang akan Anda semaikan, bisa Anda dapatkan melalui beli bibit ditoko atau mengambil biji dari buah pepaya.
  • Rendam benih dengan larutan fungisida selama 30 menit, Anda dapat pakai furadam atau benlate 0, 5 gr/liter. Kemudian jemur biji sampai kering.
  • Siapkan media tanam bibit, berupa tanah serta pupuk kandang dengan perbandingan (2 : 1), ingat tanah dan pupuk kandang yang gunakan pada awal mulanya harus disaring.
  • Tambahkan sedikit pupuk TSP untuk merangsang perkecambahan biji pepaya
  • Masukan media tanam kedalam poliback kecil, atau Anda dapat gunakan plastik ukuran 1 ons juga sebagai tempat penaman biji.
  • Tempat penyemaian mesti terlindung dari cahaya matahari secara langsung, atau dapat pula dengan tutup tempat penyemaian dengan paranet.
  • Kerjakan penyiraman dengan cara teratur supaya tanah terus terbangun lembab.
  • Setelah bibit mulai berkembang sedikit demi sedikit paranet dapat di buka supaya cahaya matahari dapat masuk. Hal semacam itu dilaksanakan dengan cara bertahap sampai bibit siap tanam.
  • Penyemaian dalam budidaya pepaya biasanya dikerjakan sampai daun tumbuh 4 helai serta umur taman skitar 1, 5-2, 5 bln., kemudian bibitsudah dewasa dapat dipindah ke lahan tanam.
5. Langkah Penanaman Bibit
Langkah penanaman bibit pepaya cukup sederhana, sesudah bibit telah dewasa (usia lebih kurang 2 bln.), jadi Anda tinggal memindahkannya ke tempat yang telah siapkan pada awal mulanya. Perlu diingat lubang tanam untuk budidaya pepaya minimum disediakan 2 minggu saat sebelum proses penanaman bibit.

Ukuran lubang 60x60x60 cm dengan jarak tanam yakni 2 m x 2 m, diamkan dulu sampai 2 hingga 3 hari, tambahkan pupuk dasar berbentuk pupuk kandang, pupuk NPK serta sedikit kapur, lalu lubang ditutup kembali, diamkan sampai 2-3 hari.

Perpindahan bibit ke lubang tanam langkahnya, lakukan penyiraman pada polybak sampai betul-betul basah, lalu angkat pelan agar perakaran tamanan tak ada yang rusak. Masukan bibit ke lubang tanam, timbun dengan tanah yang digabung pupuk kandang, tekan tanah disekitaran tanaman supaya jadi padat serta lakukan penyiraman, kerjakan pengecekan secara teratur sampai 1-2 minggu untuk memastikan bibittak mati, bila ada yang pertumbuhanya terhalang segera ganti yang baru, lantaran perkembangan tak serempak bisa menghambat produktifitas tanaman.

6. Pemeliharaan Tanaman
Aktifitas rutin yang perlu anda kerjakan yakni melaksanakan perawatan tanaman dengan cara efisien, tak perlu setiap hari. Maksud pemeliharaan dalam budidaya pepaya yaitu untuk melindungi tanaman supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik dan mempunyai produksi buah yang maksimal.

Tahap Peliharan dalam budidaya pepaya :
  • Penjarangan tanaman, maksudya untuk kurangi tanaman pepaya yang tumbuh tak maksimal, selain itu untuk mengatur sistem penyerbukan tanaman pada jantan dan betina waktu mulai berbunga.
  • Penyiangan, maksudya untuk buang gulma yang tumbuh di sekitar tanaman pepaya, bisa dikerjakan setiap saat.
  • Pendangiran, ini sama seperti dengan pembubuhan yakni mencangkul tanah di sekitar tanaman, agar pupuk bisa diserap tanaman dengan baik
  • Penyirman, untuk tujuanya pasti Anda sudah mengetahui, sesungguhnya dalam budidaya pepaya tak demikian diperlukan penyiraman, lantaran tanaman mempunyai ketahanan yang cukup baik dengan kondisi lingkungan.
  • Namun pada musim kemarau panjang baiknya tanaman mesti disiram.
7. Langkah Pemberian Pupuk
Tanaman pepaya sama seperti dengan tipe tanaman lainya, sangatlah mebutuhkan beberapa zat mineral. Pemupukan terang tujuanya untuk sediakan keperluan tanaman. Anda mau tanamanya tumbuh serta berbuah dengan baik otomatis kembutuhnya juga mesti dipenuhi.

Langkah Pemupukan Pepaya:
  • Usia tanaman 1 minggu sesudah ditanam, kerjakan pemupukan dengan mengunakan Urea 25g, TSP 50g, ZA 50g, dan 25g KCl
  • Caranya digabung pupuk itu lalu ditanam memutari tanaman.
  • Usia 1 bln., kerjakan pemupukan kembali, dengan komposisi yang makin bertambah TSP 75g, KCl 40g, ZA 75g, dan Urea 35 g.
  • Untuk langkah pemberian pupuk dalam budidaya pepaya ini tetap sama ditanam memutari tanaman.
  • Usia 3-5 bln., pemupukan ketiga komposisi yang dipakai ZA 75g, TSP 50g, KCl 50g serta Urea 50g.
  • Usia 6 bln. lebih, pemupukan dikerjakan setiap bulan, ZA 100g, KCl 75g, TSP 75g serta Urea 60g.
8. Pemanenan Buah Pepaya
Buah pepaya mulai siap petik yakni pada usia tanaman 8-9 bulan, untuk jenis varietas spesifik bahkan juga dapat lebih cepat. Sistem berbuah dalam budidaya pepaya tak mengendalkan musim, berarti selama tanaman pepaya masih tetap subur serta baik maka bakal tetap menghasilkan buah.

Panen pepaya umumnya dikerjakan dengan memakai songgo (alat yang terbuat dari bambu), maksudya supaya buah tak rusak waktu dipetik. Buah pepaya umunya dipanen dalam keadaan mangkal atau setengah matang, untuk melindungi ketahanan buah agar tak cepat membusuk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel