Cara Menanam Benih Bibit Unggul Pepaya California

Bibit Tanaman Pepaya, Perbanyakan tanaman pepaya secara vegetatif/sambung/cangkok relatif susah pengerjaannya. Perbanyakan yang biasa digunakan yaitu dengan cara generatif yakni dengan memanfaatkan biji. Keberhasilan berbudidaya pepaya salah satunya diawali dengan mempunyai bibit atau benih yang baik, tetapi dalam prakteknya nyatanya tak saja cukup memiliki benih yang baik atau benih unggul, Perlu perlakuan yang baik sehingga dapat menghasilkan buah pepaya unggul.

Bibit Unggul Pepaya California

Cara Semai Bibit Pepaya California

Sebelumnya pasti kita harus menyiapkan bibit yang bagus supaya tanaman dapat berbuah maksimal. Tanaman pepaya umum diperbanyak dengan biji, jadi baiknya tentukan benih pepaya dengan ketentuan : Di ambil dari buah yang masak penuh di pohon, datang dari tanaman induk yang bebas dari hama serta penyakit, Produksinya tinggi serta kwalitas buahnya baik, Ukuran biji seragam dan Biji di ambil dari buah bagian ujung.

Benih langsung ditanam di lapang
Tanaman pepaya daya pergantian akarnya kecil hingga penanaman segera di lapang tak mengakibatkan stagnasi perkembangan. Langkah penanaman langsung ini bakal mengakibatkan pemeliharaan tanaman di lapang jadi bertambah lantaran tiap-tiap tanaman muda itu mesti di perhatikan satu per satu.

Benih disemaikan terlebih dahulu
Dengan cara ini, cuma tanaman yang sehat dan seragam pertumbuhannya yang diambil untuk ditanam di lapang hingga pemeliharaan bakal lebih gampang dan teratur. Cara ini bisa dikerjakan di daerah yang mempunyai musim kering 3 sampau 4 bulan dan tak mempunyai irigasi. Penyemaian biji pepaya bisa dikerjakan melalui cara sebagai berikut :

Bibit Unggul Pepaya California

Penyemaian di bedengan
Bedengan di buat membujur dari Utara ke Selatan supaya bibit bisa cahaya dengan cara rata, dengan ukuran lebar 1-1, 2 mtr., tinggi 20-30 cm serta panjang sesuai kebutuhan. Bedengan di beri naungan untuk menghindari siraman hujan atau terik sinar matahari, dan atap naungan di sebelah timur di buat lebih tinggi 1-1, 5 mtr. daripada di sebelah barat 60 hingga 80 cm.

Tempat untuk bedengan dicangkul sedalam 20 cm serta digemburkan tanahnya hingga halus, lalu campur dengan pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Biji disemai dengan kedalaman setengah centi dengan jarak 10 cm x 10 cm, serta disiram setiap hari.

Biji akan berkecambah 12 sampau 14 hari setelah tanam. Waktu bibit semaian berusia dua hingga tiga minggu yaitu saat telah berkecambah, bisa dipindah ke kantong-kantong plastik yang sudah di isi campuran tanah dan pupuk kandang 1 : 1. Perpindahan bibit semai mesti dikerjakan secara hati-hati supaya perakarannya tak terganggu. Tinggi tanaman pada umur 40-50 hari sekitar 15-25 cm serta sudah bisa pindah ke media tanam/kebun.

Penyemaian di kantong plastik
Biji di semaikan dengan kedalaman setengah centi pada kantong plastik yang diisi media tanah : pupuk kandang 1 : 1. Pada setiap kantong plastik ditanam 3-4 biji untuk menjaga bila ada biji yg tidak tumbuh. Langkah tersebut lebih praktis serta efektif, namun terkadang pertumbuhan semai tak seragam. Waktu dan cara perpindahan bibit ke kebun sama dengan cara diatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel