21 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Buah Pepaya - Pepaya adalah salah satu tanaman tropis yang berasal dari benua Amerika tepatnya di negara Meksiko. Pepaya yang dengan nama latin Carica papaya ini masuk dalam keluarga Caricaceae. Tanaman pepaya adalah termasuk buah serbaguna yang baik dimakan saat matang dan mentah. Semua bagian tanaman pepaya baik akar, daun serta buah menawarkan nilai obat. Daun pepaya muda dikonsumsi seperti sayur dalam beberapa masakan khas Indonesia. Serta air rebusan daun pepaya, juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan serta kecantikan, sebagaimana berikut, apa saja manfaat daun pepaya? Oke Sebelumnya kita ulas dulu kandungan gizinya.

Kandungan Nutrisi Daun Pepaya
Daun pepaya memiliki kandungan beragam jenis zat, diantaranya Vitamin B1 0, 15 mg, Vitamin A 18250 SI, Protein 8, 0 gr, , Vitamin C 140 mg, Kalori 79 kal, Lemak 2 gr, Kalsium 353 mg, Hidrat Arang 11, 9 gr, Fosfor 63 mg, Air 75, 4 gr, Besi 0, 8 mg dan carposide.

Manfaat Daun pepaya

Manfaat Daun Pepaya

1. Sifat anti kanker
Menurut riset yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya memiliki kandungan enzim yang mempunyai sifat melawan kanker pada beragam tumor seperti kanker payudara, kanker leher rahim, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker pankreas tanpa ada efek toksik pada tubuh. Hal semacam ini membuat ekstrak daun pepaya, kerap di rekomendasikan juga sebagai bagian dari kemoterapi di beberapa bagian penduduk dunia. Dengan mengatur T-sel, ekstrak daun pepaya meningkatkan tanggapan sistim kekebalan pada kanker. Daun yang terasa pahit, memanglah banyak terkandung zat anti kanker.

2. Menghambat Perkembangan Bakteri
Jus daun pepaya memiliki kandungan lebih dari lima puluh bahan aktif termasuk senyawa karpain yang menghambat perkembangan mikroorganisme seperti jamur, parasit, bakter, cacing, dan beragam bentuk sel kanker. Hal semacam ini membuat daun pepaya digunakan sebagai penyembuhan herbal untuk menyingkirkan cacing di usus lantaran memiliki kandungan tannin. Zat tannin ini bakal membuat perlindungan usus dari infeksi kembali pada susunan dinding usus, hingga cacing di usus tidak bisa melekat. Dengan hal tersebut, daun pepaya secara efisien bakal menekan pemicu terjadinya sakit tifus.

3. Tingkatkan Imunitas Tubuh
Faedah lainnya yang mengagumkan dari jus daun pepaya yaitu kemampuannya untuk melawan infeksi virus seperti virus flu biasa. Daun pepaya akan secara alami melakukan pergantian sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya memiliki kandungan sekitar lebih 50 bahan termasuk vitamin C, A dan E yang mensupport sistim kekebalan tubuh.

4. Pencegahan Demam Berdarah
Demam Berdarah Dengue merupakan penyakit membahayakan yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes. Penyakit ini dapat berakibat fatal, tetapi selama ini tak ada obat khusus telah dirumuskan untuk penyakit ini. Pembasmi rasa sakit seperti aspirin serta ibuprofen mempunyai efek samping tersendiri.

Jus daun pepaya yaitu cara tradisional untuk mengobati demam berdarah tanpa ada permasalahan efek samping. Riset ilmiah serta beberapa studi masalah telah membuktikan bahwa ekstra daun pepaya memiliki kandungan enzim papain tingkatkan trombosit. Perusahaan farmasi telah memakai persiapan ekstrak daun pepaya berbentuk kapsul dan formula cair. Beberapa dokter mereferensikan mengambil 20 hingga 25 ml jus ini dua kali satu hari selama satu minggu untuk hasil yang cepat.

5. Kurangi Nyeri Haid/Mengobati Nyeri Haid
Beberapa wanita sejak dulu memakai daun pepaya untuk permasalahan ini. Jus daun pepaya benar-benar efisien untuk kurangi nyeri haid disebabkan datang bulan. Caranya dengan merebus sebagian ambillah 1 daun pepaya, imbuhkan asam jawa serta garam, campur dengan satu gelas air serta didihkan. Minumlah ramuan ini saat datang bulan, sebaiknya diminum selagi hangat

6. Membantu Pencernaan
Enzim papain dalam daun pepaya membantu dalam pencernaan protein serta bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, menurut buku “The Complete Herbal Panduan : A Natural Approach to Healing the Body. ” Rebusan daun pepaya bisa kurangi mulas dan perangsang nafsu makan.

Daun pepaya dapat juga membantu mencerna gluten protein gandum, yang terjadi untuk sebagian orang, yang di kenal juga sebagai penyakit celiac. Kandungan dalam daun pepaya yang disebut karpain sangatlah baik untuk saluran pencernaan kita karna karpainlah yang menolong membunuh micro organisme yang mengganggu dalam pencernaan kita. Caranya dengan konsumsi daun pepaya juga sebagai teman makan nasi atau lalapan.

7. Membantu Penyakit Pembesaran Prostat
Daun pepaya bisa menolong anda yang alami persoalan pembesaran prostat jinak, diluar itu daun ini dapat juga membantu menggurangi beragam permasalahan berkenaan pembesaran prostat seperti permasalahan lesi dubur.

8. Daun Pepaya bisa Menangani Jerawat
Anda mungkin saja baru mendengar bahwa daun pepaya bisa menyembuhkan Jerawat membandel. Cobalah karena hal ini bakal benar-benar efektif untuk anda yang alami permasalahan jerawat. Langkah Pemakaian :
Ambillah daun pepaya muda, Keringkan daun tersebut, Blender dengan air seperlunya untuk di buat seperti pasta, Ambillah pasta yang sudah jadi dan pakai juga sebagai maskter., Diamkan selama10-30 menit tunggu sampai kering, Bersihkan dan basuh bersih.

9. Tingkatkan Trombosit
Daun pepaya sangatlah penting untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit untuk anda yang alami permasalahan dengan rendahnya trombosit. HasilRiset di seluruh dunia telah mengungkap bahwa daun pahit pepaya sangatlah efektif dalam meningkatkan jumlah trombosit secara cepat. Terlebih untuk masalah kekurangan vitamin, sedang kemoterapi, demam berdarah dan banyak lagi.

10. Sebagai obat Demam Berdarah
Demam berdarah dapat diatasi dengan memakai daun pepaya. Langkahnya ambillah 5 lembar daun pepaya atau seperlunya saja lalu di rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Air rebusan daun pepaya itu diminum sekaligus. Baiknya janganlah terlalu berlebih dalam mengkomsumsi daun pepaya ini terkecuali bila telah dalam tahap mencemaskan.

11. Menambah Nafsu Makan
Untuk menambah nafsu makan, siapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, adn air hangat setengah cangkir. Seluruhnya bahan digabung jadi satu lalu diblender/ditumbuk, selanjutnya disaring dan ambil airnya saja lalu minum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun.

12. Masker Anti Jerawat
Terkecuali berguna untuk kesehatan, daun pepaya juga bermanfaat untuk kecantikan terlebih dalam menyingkirkan jerawat. Langkah memakainya daun pepaya mesti di keringkan terlebih dulu, lalu dilumatkan serta di campur dengan air baru lalu dioleskan ke muka seperti dengan masker pada umumnya.

13. Senyawa Antikanker
Dari sebagian riset dijelaskan, batang serta daun pepaya memiliki kandungan banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang di kembangkan sebagai antikanker, seperti diambil dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis didapatkan waktu kita konsumsi daun pepaya, dimasak lewat cara apapun.

14. Mengobati Sakit Perut Balita
Untuk beberapa ibu yang mempunyai balita sakit perut kembung, dapat diobati dengan memakai ramuan daun pepaya. Langkahnya siapkan 3 lembar daun pepaya, 2 tangkai daun dadap serep, 1 sdm kapur sirih. Seluruhnya bahan itu ditumbuk bersama-sama hingga halus. Pakai juga sebagai bedak serta di balurkan pada perut balita yang sakit.

15. Kekurangan Nutrisi pada Balita
Daun pepaya kaya dengan mineral dan vitamin A. Bila balita anda alami kekurangan nutrisi pakai daun pepaya untuk mengatasinya. Siapkan 1 lembar daun pepaya, bersihkan bersih lalu di rebus dengan 1, 5 gelas air hingga mendidih, saring untuk di ambil airnya. Lalu diminumkan pada balita dua sendok makan sehari-hari.

16. Anti Malaria
Daun Pepaya sudah diketemukan mempunyai karakter anti malaria juga. Dengan hal tersebut, jus daun pepaya kerap dipakai di beberapa bagian dunia, daun pepaya juga sebagai profilaksis dapat mencegah penyakit malaria pada daerah endemis tertentu.

17. Mencegah Katarak
Katarak merupakan bagian keruh/bening yang terdapat pada lensa mata hal demikian dapat mengaburkan penglihatan. Hal demikian merupakan penyakit yang sangat umum terjadi, Anda dapat menyembuhkan katarak tanpa operasi dengan mengonsumsi daun pepaya.

18. Kondisioner Alami
Ekstrak daun pepaya kerap dipakai juga sebagai conditioner bersama dengan bahan lain seperti santan serta manfaat madu untuk rambut yang bercahaya. Conditioner alami ini bakal membuat rambut lebih bernyawa dan melembutkan rambut kasar yang sukar ditata.

19. Agen pembersih kulit
Hal semacam ini bisa dikaitkan dengan adanya senyawa karpain yang menghalangi mikroorganisme serta racun lainnya. Hingga membuat kulit lebih bersih serta memberi perlindungan pada permasalahan kulit seperti jerawat, bintik-bintik dan noda.

20. Menghilangkan ketombe
Ekstrak daun pepaya terlebih dipakai juga sebagai bahan pembuatan shampo anti ketombe yang mempunyai tujuan untuk mengatur produksi serpihan ketombe. Senyawa karpain ini, efisien dalam menyingkirkan kotoran dan minyak dan bahan kimia untuk rambut tanpa ada efek samping.

21. Manfaat lain daun pepaya
Selain beberapa manfaat yang telah kami sebutkan diatas, daun pepaya dapat juga dipakai untuk melunakkan daging. Bila Anda pingin memasak daging, supaya empuk rebus daging bersama-sama dengan daun pepaya. Namun janganlah terlampau banyak dikarenakan rasanya dapat jadi pahit.

Tips Menhilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya

Masih banyak orang yang memang tak suka pada dengan rasa pahit daun pepaya, Anda bisa menghilangkan rasa pahit yang terdapat pada daun pepaya. Caranya daun pepaya yang telah dibersihkan di rebus dengan beberapa lembar daun jambu biji, setelah di rebus dapat dicuci dengan air dan di proses sesuai resep. Dengan cara lain yang lebih sederhana, bisa di rebus saja dengan garam hingga layu serta lalu di cuci lagi dengan air dan rebus lagi hingga masak agar bisa di proses untuk beraneka masakan daun pepaya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel