Pepaya Merah Delima Varietas Unggul Pepaya Indonesia

Pepaya Merah Delima, Jenis tanaman pepaya banyak macamnya, sedangkan untuk pengembangan agrobisnis hanya pepaya varietas tertentu yang dapat untuk pengembangan, maka dari itu diperlukan cuma memilih tanaman pepaya jenis tertentu dan tentunya dapat dipasarkan dengan pendapatan terbaik. Jenis pepaya yang telah ada di negara Indonesia seperti pepaya jingga, thailand, bangkok, california, orange lady, calina, hawai, red lady, dan masih ada jenis lainnya.

Pepaya Merah Delima

Pepaya Merah Delima

Warna daging buahnya merah oranye, daging buah tebal sekitar 3 cm, dan rasa begitu manis dengan produktivitas diatas 70 ton/hektar, ukuran buah sedang dengan bobot rata-rata 1 hingga 1, 5 kg perbuah. Itulah gambaran dari buah pepaya Merah Delima, sebagai varietas unggul Baru dikutip dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (BPTBT).

Tanaman pepaya merah delima bisa tumbuh dengan baik diseluruh daerah di Indonesia dan pepaya merah delima tumbuh subur tersebar mulai dari dataran rendah sampai darata tinggi pada ketinggian hingga 1000 meter diatas permukaan laut. Menurut data Departemen Pertanian pada tahun 2008 Produksi buah pepaya merah delima di Indonesia signifikan meningkat dari tahun ke tahun hingga mencapai 643. 451 ton pada thn 2006.

Diskripsi pepaya Merah Delima sebagaimana berikut :
Panjang 21 sampau 30 cm dengan diameter buah 30 hingga 40 cm
Berat buah mulai dari 0, 8-1, 9 kg
Persentase yang dapat dikonsumsi 70-86 Persen
Tidak tipis daging 2, 5 - 4, 5 cm
Bentuk rongga buah bintang bersudut lima
Struktur daging buah masak Kenyal
Vitamin C 43, 40- 98, 25 mg/100 g
Kekerasan daging 0, 35-0, 80 kg/cm2
Kekerasan kulit 0, 68-0, 88 kg/cm2
Bentuk buah Silindris
Warna daging buah Orange kemerahan
TSS 11-14, 50 Brix
Usia berbuah 2-3 bln sehabis tanam
Usia panen buah pertama 7-8 bln. setelah tanam
Tinggi buah pertama 45-60 cm
Produksi 70-90 ton/ha/4 bln
Jarak tanam 2, 5x2, 5 m
Jumlah populasi per hektar sekitar 1200 pohon
Tanaman ini tahan terhdapat hama Apid dan Trips
Pepaya merah delimaelitian yaitu jenis tanaman buah tropika sudah mempunyai koleksi pepaya yang berasal dari hasil karakterisasi, seleksi serta hibridisasi, hingga didapat kandidat pepaya dengan ciri-ciri daging buah tebal, rasa manis, warna daging buah berwarna merah dan struktur renyah. Pepaya itu dinamakan pepaya Merah Delima.

Pepaya Merah Delima sudah melalui tahapan evaluasi selama lebih kurang 8 tahun. Hal semacam ini utama dilakukan untuk tahu kestabilan sifat morfologi dan kwalitas maupun jumlah buahnya. Kelebihan lain pepaya Merah Delima yakni daging buah lebih tebal, terasa lebih manis dengan persentase gula (TSS) rata-rata 14°Brix, dan jumlah buah per pohon/4 bln. bisa menghasilkan 80 buah. Produktivitas pepaya jenis ini bisa mencapai 90 ton/ha/empat bulan dengan jumlah populasi yakni 1200 tanaman/ha.

Pepaya Merah Delima bisa ditanam dengan jarak tanam 2 kali 2 meter, hingga produksi per hektar bisa lebih tinggi. Pepaya ini bisa dipanen pada usia 7-8 bulan setelah tanam dan usia produktifnya dapat mencapai 2-3 tahun.

Pepaya merah delima bisa tumbuh serta menyesuaikan dengan baik di tempat rawa pakai surut. Pengembangan agribisnis pepaya memiliki prospek usaha yang begitu baik. Nilai rasio B/C juga relatif tinggi, yaitu sebesar 1, 80. Hal semacam ini mengidentifikasikan kalau usaha ini relatif efektif serta bisa memberi keuntungan hampir sebesar 1, 8 kali ongkos produksinya selama 1-1, 5 tahun. Peluang pasar buah ini masih terbuka lebar baik didalam ataupun di luar negeri.

Baca Juga : Mengenal Tanaman Pepaya Golden si Pepaya Gading

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel