8 Manfaat Baik Akar Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat akar Pepaya, selain buahnya tanaman pepaya juga menyimpan banyak sekali khasiat pada daun dan akarnya. Daun pepaya mengandung berbagai macam zat diantaranya zat papayotin, karpain, kautsyuk, karposit dan vitamin. Beriku cara memanfaatkan daun dan akar pepaya

Manfaat akar pepaya

Manfaat Akar Pepaya

8. Obat Sakit Kandung Kemih
Sakit kandung kemih bisa diobati menggunakan obat tradisional akar pepaya. Caranya akar pepaya yang sudah kering dipotong potong. Rebuslah akar pepaya tersebut dengan 500 ml air selama 30 menit dan masukan bawang putih yang sudah dipotong potong. Angkat, saring dan biarkan dingin. Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari secara teratur.

7. Obat Reumatik
Bahan Akar pepaya 5 cm, 2 lembar Daun sambiloto, 3 lembar Daun sirih, 1 Biji Jeruk nipis, 1 lembar daun ketepang cina, 6 buah Cabe rawit, Caranya membuat, haluskan akar pepaya dan potong kecil bersama bahan lainnya. Lalu seluruh bahan direndam dengan alkohol 75% selama seminggu. Setelah direndam 1 minggu peras dan saring. Gunakan air perasannya sebagai obat urut pada bagian yang sakit. Lakukan sehari 3 kali secara teratur.

6. Mencegah terkena resiko radang Ginjal
Menurut para ahli, akar pepaya mampu mencegah radang ginjal. caranya siapkan akar pepaya sebanyak 5 cm, 2 lembat daun kumis kucing, akar alang-alang dan cuci bersih. Rebus bahan tersebut kedalam 1 liter air sampai air rebusannya tinggal setengahnya. Saring dinginkan serta tambahkan madu secukupnya. Minumlah ramuan 2 kali sehari.

Baca juga: 21 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

5. Mengobati Cacingan
Bahan : Akar pepaya 5 cm, 1 siung Bawang putih, Cara meramu cuci bersih semua bahan dan potong menjadi beberapa bagian. Rebusl semua bahan tersebut selama 15 menit dengan 500 cc air bersih. Setelah disaring dan dingin minumlah ramuan tersebut sampai habis.

4. Tekanan darah tinggi
Untuk menurunkan tekanan darah tinggi/Hipertensi Anda dapat memanfaatkan Akar pepaya caranya siapkan dua potong akar pepaya lalu rebus dengan 1 liter air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian saring. Diminum dua kali sehari 1 cangkir.

3. Obat Penyakit Ginjal
Penyakit ginjal adalah salah satu penyakit serius dan dapat diobati dengan obat tradisional alami akar pepaya. Pada akar pepaya terdapat zat yang dapat digunakan untuk menangani penyakit ginjal. Caranya cukup mudah ambillah akar pepaya kering sesuai kebutuhan lalu bersihkan dan potong kecil menjadi beberapa potong. selanjutnya di rebus dengan satu liter air hingga air rebusannya tersisa separuhnya. Saring dan dinginkan dan tambahkan madu secukupnya, dan minumlah secara teratur.

2. Gangguan Saluran Kencing
Selain dapat mengobati sakit ginjal akar pepaya pun sangat baik dalam mengatasi ganguan pada saluran kemih, caranya cukup siapkan 3 potong akar pepaya, cara membuat ramuan akar pepaya direbus dengan 1 liter air air sampai mendidih, saring dan minum sekali sehari sebanyak setengah gelas.

1. Minuman Penyegar
Akar pepaya juga dapat dimanfaatkan sebagai minuman penyegar tubuh. Anda dapat mencoba ramuan akar pepaya untuk mengembalikan stamina tubuh. Caranya bersihkan 3 potong akar pepaya dan 2 lembar daun pepaya lalu di haluskan. Setelah benar-benar halus, kedua bahan direbus dengan 2 liter air sampai mendidih. Angkat dan saring tunggu sampai dingin. Jangan lupa agar lebih segar dapat menambahkan madu atau jahe.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel